Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) di Kota Tangerang

Kota Tangerang, Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) adalah rangkaian kegiatan meliputi perencanaan, pemeriksaan, tindakan dan penyelesaian yang dilakukan oleh PLN terhadap instalasi PLN atau instalasi pemakai tenaga listrik dari PLN. Setiap Unit PLN secara rutin atau khusus melaksanakan kegiatan P2TL, hal ini dilakukan untuk menghindari bahaya listrik bagi masyarakat, sebagai bentuk meningkatkan pelayanan dan menekan nilai susut energi. Petugas-petugas PLN yang melaksanakan pemeriksaan P2TL di lapangan dengan tugas-tugas meliputi :

  1. Melakukan pemeriksaan terhadap Jaringan Tenaga Listrik (JTL), Sambungan Tenaga Listrik (STL), Alat Pembatas dan Pengukur (APP) dan perlengkapan APP serta instalasi pemakai tenaga listrik dalam rangka menertibkan pemakaian tenaga listrik.
  2. Melakukan pemeriksaan atas pemakaian tenaga listrik
  3. Mencatat kejadian-kejadian yang ditemukan pada waktu dilakukan P2TL menurut jenis kejadiannya.
  4. Menandatangani berita acara hasil pemeriksaan P2TL serta berita acara lainnya serta membuat laporan mengenai pelaksanaan P2TL.
  5. Menyerahkan dokumen dan barang bukti hasil temuan pemeriksaan P2TL kepada petugas administrasi P2TL.

Kegiatan pendampingan Sie Korwas PPNS Polda Metro Jaya kepada PPNS Dirjen Ketenagalistrikan dengan dibantu dari Polres Kota Tangerang dalam rangka pelaksanaan proses pengawasan, penelitian, dan pemeriksaan pidana ketenagalistrikan (Wasmatilitrik) atas penggunaan tenaga listrik yang bukan haknya di wilayah kerja PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten, UP3 Teluk Naga selama 2 hari sejak hari Senin tanggal 19 Desember 2022 s/d hari Selasa tanggal 20 Desember 2022. Adapun lokasi – lokasi yang menjadi sasaran adalah :

  1. Desa Cengkalong, Kecamatan Kosambi, Tangerang;
  2. Pergudangan Dadap Kosambi, Teluk Naga, Tangerang;
  3. Jl. Rawakopeni, Kelurahan Kamal, Kecamatan Kosambi, Jakarta Barat.
  4. Tanjung burung, Kecamatan Teluk Naga, Tangerang

Terhadap penggunaan arus listrik yang digunakan tanpa adanya ijin atau diketahui oleh pihak PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten – UP3 Teluk Naga maka petugas PLN akan melakukan pemutusan aliran listriknya. Dalam melaksanakan tugas, petugas pelaksana lapangan P2TL memiliki kewenangan untuk :

  1. melakukan pemutusan sementara atas STL atau APP pada pelanggan yang harus dikenakan tindakan pemutusan sementara.
  2. melakukan pembongkaran rampung atas STL pada pelanggan dan bukan pelanggan.
  3. melakukan pengambilan barang bukti berupa APP dan peralatan lainny

 

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments